Minggu, 16 Juni 2013

cara mengatasi anak nakal

Cara Mengatasi Anak Nakal Bagian I

Written by Administrator
Parent Category: News
Category: Serba-Serbi
Hits: 672

Oleh : Ummu Hudzayfah

Setiap orangtua pasti berharap agar anak-anaknya dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Betapa bahagianya apabila anaknya ketika masih bayi tidak rewel, mudah beradaptasi ketika diajak berkunjung kerumah saudara atau kenalan, apabila di sapa keluarga tersenyum atau bahkan langsung tertawa, tidak susah makan, atau tidak buang air besar dan kecil (termasuk mengompol) sembarang waktu dan tempat. Alangkah bahagia orangtua apabila anaknya yang sudah menginjak usia sekolah dapat bersekolah dengan baik, bisa bangun pagi-pagi, tidak bermasalah dengan teman-temannya, rajin belajar dan tidak suka berbohong, sopan, suka menolong, patuh pada orangtua dan guru, rajin beribadah.
Namun apabila anak tumbuh dan berkembang tidak sesuai harapan, tidak jarang orangtua mulai kebingungan bagaimana cara mengatasinya. Ketika sekali dua kali orangtua menasehati anaknya tetapi anaknya tetap tidak berubah, tak sedikit pula orangtua yang memarahi anaknya memberikan hukuman bahkan memukul anaknya, ketika keadaan sudah begini, tidak banyak orangtua yang bisa berpikir dengan tenang untuk mencari jawab mengapa anaknya bermasalah. Anak yang bermasalah disini adalah anak yang mempunyai perilaku yang tidak sesuai dengan keinginan atau harapan orangtua yang berkesesuaian dengan nilai-nilai yang dianut oleh orangtua, keluarga atau bahkan lingkungan. Didalam mengatasi anak yang bermasalah tidak dibenarkan memarahi, mengurung bahkan memukul anak.
Ada tiga prasyarat yang harus dipenuhi setiap orangtua agar dapat mengatasi anaknya yang sedang bermasalah secara efektif, yakni :
1.Bersikap Tenang
2.Berbuat Sepenuh Kasih Sayang
3.Memahami anak sebagai pribadi yang berkembang   
Insya Alloh jika ketiga prasyarat ini dilakukan oleh para orangtua, anak bisa tumbuh sesuai dengan harapan dan keinginan orangtua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar