Minggu, 16 Juni 2013

Menghadapi anak usia dini tak mudah

LIFESTYLE

"Menghadapi Anak Usia Dini Tidaklah Mudah"

Untuk lebih mendekatkan antara guru, siswa dan orang tua murid diperlukan komunikasi yang baik, terutama terhadap perilaku anak yang masih belum bisa mandiri.

Rabu, 5 September 2012 07:00Abuzakir Ahmad|

Jakarta, PelitaOnline
ANAK adalah salah satu harta titipan dari Tuhan kepada makhluknya untuk dididik agar menjadi anak yang berakhlak mulia, kreatif dan berprestasi.
Ketika anak masih berusia dini, merupakan waktu yang tepat untuk mendidik dan membentuk karakternya, karena dalam masa itu mereka masih belum mengetahui mana yang baik dan buruk.
Menurut Kepala Sekolah di Yayasan Ash-Shalihin Walang Baru, Koja, Jakarta  Utara, Nursia, menghadapi anak anak usia dini tidaklah mudah, butuh kesabaran dan juga tak lepas dari peran pembimbingnya itu sendiri.
Untuk lebih mendekatkan antara guru, siswa dan orang tua murid diperlukan komunikasi yang baik, terutama terhadap perilaku anak yang masih belum bisa mandiri.
“Mereka yang masih belum bisa mandiri atau harus masih ditemani orang tuanya itu karena mereka baru menyesuaikan diri dengan lingkungan yang ada,” ujarnya, Rabu (5/9).
Dalam melakukan pembinaan terhadap anak usia dini, jika mereka menangis atau memberontak, menurut Nur, sebaiknya diarahkan ke permainan yang mereka inginkan. Orang tua atau guru harus lebih proaktif untuk mengarahkan anak ke permainan yang membuatnya nyaman dan senang.
“Maka dari itu anak-anak ini pendidikannya difokuskan pada dunia anak itu sendiri, di samping bermain mereka juga belajar.”
- See more at: http://lifestyle.pelitaonline.com/news/2012/09/05/menghadapi-anak-usia-dini-tidaklah-mudah#.Ub3eYtKViIU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar